Pemerintah Kota Samarinda

PERPUS

Ke atas
Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda di bentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 12 Tahun 2008 tanggal 21 Juli 2008. Dan Kantor dibentuk berdasarkan hasil Marger dua unit dua unit kerja yaitu UPTD Perpustakaan Daerah Kota Samarinda dan Badan Arsip Daerah, Diklat dan Litbang  Kota Samarinda. Dan Sebelumnya pada Tahun 2001 sudah pernah dibentuk Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 03 Tahun 2001 tanggal 23 Pebruari 2001. 

Cikal bakal Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tinkat II Samarinda yang dibentuk atas dasar Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 1996, berawal dari penyerahan Taman Baca yang dikelola cabang Dinas P&K, oleh Gubernur Kepala Daerah Propinsi Kalimantan Tumur / kepada Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Samarinda. semua fasilitas taman yang ada yang pada saat itu yang berlokasi pada Kantor Cabang Dinas P&K Kotamadya Samarinda, diserahkan pengelolaannya pada Pemerintah Daerah Tingakat II Kotamadya Samarinda, berikut sebuah bangunan Gedung Perpustakaan Umum beserta fasilitas yang dibangun diatas areal seluas 3000 m2, tepatnya dijalan Kusuma Bangsa Samarinda.

Penyerahan secara resmi pada tanggal 16 Desember 1987 sekaligus peresmian operasional Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda Gubernur Kepala Daerah Propinsi Kalimantan Timur. Sejak saat itu semua beban pendana berikut personil perpustakaan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda.

Dasar Pembentukan
  1. Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 27485 / Sekj / DPK / J/ 77 tanggal 26 Mei 1977 tentang Pembentukan Perpustakaan Umum Tingkat II.
  2. Surat Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur Nomor : 1677 / V - Kesj / B - 2 / 77 tanggal 11 juli 1977 tentang Pembentukan Perpustakaan Umum.
  3. Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Samarinda Nomor : 54 / SK / HK / 1979, tentang Pembentukan Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda tanggal 13 Juni 1979.
     

Adapun status pejabat pada Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda, sejak tahun 1987 sampa idengan tahun 1996, Eselon IV a dan V a disamakan.     
Setelah melalui proses yang panjang dan adanya komitmen Pemerintah Daerah untuk memberdayakan Perpustakaan Umum sebagai sumber informasi dan wahana pendidikan dan adanya kemauan untuk memperjelas status organisasi, maka pada tahun 1994 Perpustakaan Umum didaftarkan pada Departemen Dalam Negeri untuk persetujuan pembentukannya dengan status defenitif. Pada tanggal 17 Oktober 1995, terbit suta keputusan Menteri Dalam Negeri 061 - 256 tahun 1995, tentang pembentukan 75 (tujuh puluh lima) Perpustakaan Umum Kabupaten / Kotamadya Daerah Tingkat II. Surat keputusan inilah yang merupakan dasar usulan Rancangan Peraturan daerah Nomor 05 tahun 1996, tentang pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda. Sejak saat itu secara definitif Pejabat Struktural menduduki Eselon IV a dan V a. Dan Sejak tanggal 08 Oktober 1998 sesuai dengan keberadaan, jenis perpustakaan serta berbagai kegiatan dan semua asset yang dimiliki Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda memperoleh kriteria dan Nomor Pokok Perpustakaan / NPP : 17.05.61.P.1020 : Type A yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Daerah Kalimantan Timur atas nama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Dan pada tahun 2001 dalam era otonomi Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda ditingkatkan menjadi Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda No. 03 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, yang mempunyai fungsi ganda selain bidang perpustakaan juga bidang kearsipan, sedangkan pejabat struktural sebagai Kepala Kantor adalah Eseslon III a dan dibawahnya yang membantu Kepala Seksi / Kasub.Bag TU adalah Eselon IV a.

Pada tahun 2004 Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah dilebur kembali menjadi UPTD Perpustakaan Daerah dibawah Dinas Pendidikan Kota Samarinda untuk urusan Perpustakaan, sedangkan untuk urusan Arsip Daerah dibentuk Badan Arsip Daerah, Diklat dan Litbang Kota Samarinda.

Pada tahun 2008 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka terjadi perubahan kembali untuk instansi dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda dan dibentuk kembali Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda berdasarkan Perda Kota Samarinda Nomor 12 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Kota Samarinda. Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah merupakan UPTD Perpustakaan Daerah untuk urusan Perpustakaan dan Arsip Daerah berasal dari Badan Arsip Daerah, Diklat dan Litbang Kota Samarinda yang berubah menjadi Bahan Litbang dan Diklat Kota Samarinda.


        


Tidak Tersedia dalam mode landscape